Pengaruh Kemampuan Berfikir Kritis Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Etika Bermedia Sosial Melalui Kedekatan Orang Tua Sebagai Variabel Intervening Pada Anak Usia Remaja
Abstract
Penelitian ini bertujuan menelaah pengaruh Kemampuan berfikir kritis dam kecerdasan emosional terhadap etika bermedia sosial remaja serta peran mediasi kedekatan orang tua dalam hubungan kedua variabel tersebut. Metode peneltian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mengkaji konstruksi variabel etika bermedia sosial remaja. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan memilih 56 anak usia remaja di Desa Klagen Gambiran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan empat variabel menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan berfikir kritis memiliki pengaruh postif namun tidak signifikan terhadap etika bermedia sosial pada remaja. Di sisi lain, kecerdasan emosional dan kedekaran orang tua memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap etika bermedia sosial. Implikasi penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan etika bermedia sosial pada remaja. Juga melalui Kedekatan orang tua dengan anak memainkan peran krusial dalam perkembangan emosi dan moral remaja. Orang tua yang dekat dengan anak-anak mereka cenderung lebih terlibat dalam kehidupan sehari-hari anak, memberikan dukungan emosional, dan menanamkan nilai-nilai etika yang kuat. Rekomendasi penelitian mencakup adanya kolaborasi antara pihak sekolah dengan orang tua, dorongan melalui program non akademik, dan pengembangan budaya literasi
Downloads
References
Apjii. “Apjii Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang.” Https://Apjii.Or.Id.
Ardiansyah, D., A. Saepudin, R. Aryanti, E. Fitriani, And Royadi. 2023. “Analisis Sentimen Review Pada Aplikasi Media Sosial Tiktok Menggunakan Algoritma K-Nn Dan Svm Berbasis Pso.” Jurnal Informatika Kaputama (Jik) 7(2): 233–241. Doi:Https://Doi.Org/10.59697/Jik.V7i2.148.
Azhari, Suci Putriani, Suci Nurmaya Ulfah, Wa Ode Siti Darfila, And Zulkipli Lessy. 2023. “Analisis Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Penguatan Literasi Digital Peserta Didik Di Masa Pascapandemi Covid-19.” Bustanul Ulum Journal Of Islamic Education 1(2): 115–30. Doi:10.62448/Bujie.V1i2.24.
Budi, Anang Setiya, And Eko Nusantoro. 2022. “Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Kontrol Diri Terhadap Cyberbullying Pada Siswa Di Mts Ma’arif Temanggung.” Focus 3(1): 59–63. Doi:10.37010/Fcs.V3i1.599.
Budiana, Irma. 2021. “Peran Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Bagi Generasi Digital Native.” Istighna 4(1): 57–75.
Damayanti Karisma, Kurniasari, Mustofa Zamzam, And Mukminin Amir. 2023. “Eksplorasi Peran Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Mi Ma’arif Beton.” Istifkar Media Transformasi Pendidikan 7.
Fatimah, Siti, And Febilla Antika Nuraninda. 2021. “Peranan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi 4.0.” Jurnal Basicedu 5(5): 3705–11.
Fauzan, Azhar, Mochamad Bruri Triyono, Rendra Ananta Prima Hardiyanta, Rihab Wit Daryono, And Shilmi Arifah. 2023. “The Effect Of Internship And Work Motivation On Students’ Work Readiness In Vocational Education: Pls-Sem Approach.” Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research 4(1): 26–34. Doi:10.46843/Jiecr.V4i1.413.
Fauziah, Amelia. 2024. “Pentingnya Kemampuan Membaca Kritis Di Era Informasi Digital.” Jurnal Citra Pendidikan (Jcp) 4(2): 1685–89.
Groot, B C. 2023. “Are You Afraid Of Press And Social Media? Ethics In Photovoice In Participatory Health Research.” Educational Action Research 31(3): 556–74. Doi:10.1080/09650792.2021.1941164.
Ihsani, Fikri Amirudin. 2021. “Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual Dalam Perilaku Bermedia Masyarakat Di Era Digital.” Jurnal Al Azhar Indonesia 2(1).
Kusuma Wardhani, Rini Sukmawati. 2023. “Analisa Pengelola Kecerdasan Emosional (Eq) Pelajar Terhadap Perkembangan Teknologi Informasi.” Jurnal Media Infotama 19(1): 156–61. Doi:10.37676/Jmi.V19i1.3509.
Lesková, Andrea, Zuzana Uličná, Hedviga Tkáčová, Klodiana Leka, And Daniel Alvarez Mateo. 2023. “Challenges And Current Issues Of Education In The Era Of Digital And Technological Changes.” Journal Of Education Culture And Society 14(2): 319–27. Doi:10.15503/Jecs2023.2.319.327.
M. Anwarul Haq Al Fawaas*, Zamzam Mustofa, Rihab Wit Daryono. 2020. “The Effectiveness Of Contextual Teaching And Learning (Ctl) On Student Mathematics Learning Achievements.” International Journal Of Recent Educational Research 1(2): 31–39.
Mulyanti, Sari Puji, And Zamzam Mustofa. 2022. “Efforts To Improve The Quality Of Learning Students’ With The Organization Of Luring Learning Trials Post Covid-19 Pandemic At Campus Iain Ponorogo.” In Proceeding: International Conference On Islamic Studies (Icis) Iain Ponorogo, , 198–207.
Mustofa, Zamzam. 2022. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam.” 3: 198–207.
Mustofa, Zamzam. 2024. “Untuk, Penggunaan Metode Project Based Learning Inggris, Mengasah Keterampilan Writing Dalam Pembelajaran Bahasa.” Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 1(1): 1–15.
Sari, Yunita, And Dan Hendri Prasetya. 2022. “Literasi Media Digital Pada Remaja, Ditengah Pesatnya Perkembangan Media Sosial.” Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi 8(1): 12–25.
Sarie, Fatma, Syaripuddin S, Ilham Kamaruddin, Sutrisno Sutrisno, And Liswandi Liswandi. 2023. “Pendidikan Islam Mengajarkan Pelajar Cerdas Emosional Di Era Digital.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12(03): 2211–24. Doi:10.30868/Ei.V12i03.4473.
Sendong, Liska Kala’, Nalce Lante, Santi, Detriyanti Bangian, And Irma. 2024. “Peran Logika Berfikir Secara Kritis Dalam Menanggapi Berita Hoax Di Kalangan Masyarakat.” Jurnal Komunikasi 2(3): 249–59.
Siga, Willfridrus Demetrius, Kristining Seva, And Tri Joko Her Riadi. 2023. “Efektivitas Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menangkal Hoaks.” Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam 8(1).
Sugiarto, And Ahmad Farid. 2023. “Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6(3): 580–97. Doi:10.37329/Cetta.V6i3.2603.
Syabila Ariyanti, Zamzam Mustofa, Amir Mukminin. 2022. “Optimalisasi Pembelajaran Islam Era Society 5.0 Dengan Pemanfaatan Internet Of Things (Iot).” 1 Maret 6(1): 27.
Syamli, Ah, Fitriyah, Lailatur Rahmah, And Febrianti Indah Fajrotin. 2022. “Peran Orang Tua Dalam Peningkatan Pendidikan Anak Di Era Digital Di Desa Ketawang Daleman Ganding.” Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan 6(2): 221–43.
Terttiaavini, Terttiaavini, And Tedy Setiawan Saputra. 2022. “Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital Bagi Pelajar Di Kota Palembang.” Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6(3): 2155. Doi:10.31764/Jmm.V6i3.8203.
Tresnawati, Amilia, Arief Darmawan, And A. Surachman. 2023. “Peran Penting Literasi Digital Dalam Memerangi Hoaks Dan Ujaran Kebencian Di Media Sosial Sebagai Tantangan Komunikasi Di Masyarakat Digital.” Omnicom: Jurnal Ilmu Komunikasi 9(2).
Widyastuti, Puspa, Samsul Hadi, Rihab Wit Daryono, And Noorazman Bin Abd Samad. 2023. “The Mediation Role Of University Environment In The Relationship Between Self-Efficacy And Family Environment On Entrepreneurial Education Interest: A Pls-Sem Approach.” Indonesian Journal On Learning And Advanced Education (Ijolae) 5(3): 295–310. Doi:10.23917/Ijolae.V5i3.22015.
Windarto, Windarto. 2023. “Literasi Digital Dalam Etika Bermedia Sosial Yang Berbudi Luhur Bagi Warga Krendang, Tambora, Jakarta Barat.” Sebatik 27(1): 201–7. Doi:10.46984/Sebatik.V27i1.2266.
Zamzam Mustofa, Amir Mukminin, Eka Wahyuningtyas. 2020. “The Implementation Of Aswaja Learning In Developing Religious Moderation Understanding At Mts Munzalam Mubaroka Bulukerto Wonogiri.” Journal Geej 7(2).
Zamzam Mustofa, Mustofa Aji Prayitno. 2024. “Implementasi Aplikasi ‘Pusaka’ Dalam Zamzam Mustofa, Amir Mukminin, Lika Fikana Putri, Lucky Rosita, Lutfiani Azhari, & Luvi Rahma Septiani. (2024). Penggunaan Metode Project Based Learning Untuk Mengasah Keterampilan Writing Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. El Robih: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 91-104. Retrieved from https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/elrobikh/article/view/1077
Copyright (c) 2024 Arif Shaifudin, zamzam Mustofa, Nabila Raessal Manda Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.






2.png)




