Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Banking “BTNS Mobile” dengan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ)

  • Riza Kartika Dewi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Yahya Ichsan Faturrohman Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Rosi Aisa Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Agus Setiawan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Raden Mas Said Surakarta
Keywords: Mobile, Banking, BTN Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi mobile banking BTNS mobile di Indonesia melalui metode usability test dan User Experience Questionnaire (UEQ).  Metode usability test digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana aplikasi mobile banking memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna. Hasil pengujian kegunaan memberikan wawasan mendalam mengenai permasalahan spesifik yang dihadapi pengguna saat menggunakan aplikasi mobile banking.

Mobile Banking BTN Syariah adalah sebuah aplikasi dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, yang berfungsi untuk memberikan kemudahan transaksi layanan perbankan melalui smartphone dengan cara yang aman, cepat dan mudah serta dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sehingga tidak perlu datang langsung ke bank

  Hasil penelitian ini memberikan gambaran mendalam mengenai kelebihan dan kelemahan aplikasi BTNS Mobile.  Informasi ini dapat digunakan oleh pengembang aplikasi untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan yang diperlukan, memastikan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman yang memuaskan dan efisien saat menggunakan layanan BTNS Mobile.  Penelitian ini juga berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman dalam mengembangkan aplikasi BTNS Mobile yang berorientasi pengguna di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BTN, S. (2019). Mobile Banking BTN Syariah. Diakses pada Oktober 2023 dari https://www.btn.co.id/id/Syariah-Home/Syariah-Data-Sources/Product-Links-Syariah/Produk-BTN-Syariah/e-channel/E-Banking/Mobile-Banking-BTN-Syariah

Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education Using User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 6(Vol. 6 No. 1 (2020)), 69–78. https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3582

Hussain, A., Abubakar, H. I., & Hashim, N. B. (2014). Evaluating mobile banking application: Usability dimensions and measurements. Proceedings of the 6th international Conference on Information Technology and Multimedia, 136–140.

Nielsen, J. (1993). Chapter 6: usability testing. Usability Engineering, 165–206.

Schrepp, M., Thomaschewski, J., & Hinderks, A. (2017). Construction of a benchmark for the user experience questionnaire (UEQ).

Published
2023-12-30
How to Cite
Dewi, R., Faturrohman, Y., Aisa, R., & Setiawan, A. (2023). Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Banking “BTNS Mobile” dengan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ). Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 4(2), 262-275. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v4i2.201

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.