PEMANFAATAN CANVA DAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQH MUAMALAH SANTRI BAITUL QUR’AN SLOGOHIMO
Abstract
Teknologi memiliki andil yang sangat penting didalam dunia pendidikan masa kini, kebutuhan pada teknologi di era ini sangat diperlukan. Suatu lembaga pendidikan dinyatakan maju salah satunya dilihat dari bagaimana pendidik didalamnya memilih dan memilah serta memanfaatkan teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana media digunakan dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar Fiqh Muamalah pada santri Baitul Qur’an, kendala apa saja yang di hadapi oleh para asatidz dalam melaksanakan pembelajaran dan apa saja keuntungan yang didapatkan dalam penggunaannya serta memaparkan kontribusi penelitian ini dalam pengembangan pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian, perolehan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi pembelajaran melalui aplikasi Canva dan Kahoot sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar santri terbukti dengan keaktifan dan ketertarikan santri dalam mengikuti pembelajaran Fiqh Muamalah. Adapun kendala yang di hadapi oleh para asatidz dalam melaksanakan pembelajaran ini adalah perlunya waktu yang panjang dan membutuhkan jaringan internet dalam mempersiapkan media. Sedangkan keuntungan dalam penggunaannya adalah pembelajaran materi Fiqh Muamalah menjadi lebih aktif, efektif, kreatif dan inovatif
Downloads
References
Abubakar, R. (2021). METODOLOGI PENELITIAN. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Adam, A. (2023). INTEGRASI MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Amanah Ilmu, 3, 13–23.
Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475
Deliana, A., Romalinca, R., Omerlin, O., Krisbet, K., & Meldawati, M. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Luring. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(2), 298–303. https://doi.org/10.57251/multiverse.v2i2.1258
Dwanda Putra, L., Zhinta, S., & Pratama, A. (2023). PEMANFATAN MEDIA DAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENGATASI MASALAH PEMBELAJARAN. Journal Transformation of Mandalika, 4(8). http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/issue/archive
Hanifah Salsabila, U., & Agustian, N. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 02, 15. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda,
Mansir, F., & Purnomo, H. (2020). URGENSI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MADRASAH. Al Wijdan: Journal of Islamic Education Studies, 167–179. http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI KOHOD III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Ramli, M. (2012). MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. IAIN Antasari Press.
Restu Kurnia, I., & Titin Sunaryati. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579
Sadiman. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT.Raja Grafindo.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta. CV. Alfabeta.
Suryanto, L., & Khoir, M. A. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQH MUAMALAH DALAM PENGUATAN NILAI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN AL ISLAM DARUL FATH SRAGEN. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 497–505. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.56
Widati, A. A., Khairunnisa, F., Sakti, S. C. W., Supriyanto, G., Fahmi, M. Z., Siswanto, I., Hartati, H., & Rohman, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran untuk Guru SMA-SMP Muhammadiyah Gresik. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 679. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.6873
Copyright (c) 2023 Achmad Rochman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.