PEMANFAATAN CANVA DAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQH MUAMALAH SANTRI BAITUL QUR’AN SLOGOHIMO

  • Abdul Rochman Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri

Abstract

Teknologi memiliki andil yang sangat penting didalam dunia pendidikan masa kini, kebutuhan pada teknologi di era ini sangat diperlukan. Suatu lembaga pendidikan dinyatakan maju salah satunya dilihat dari bagaimana pendidik didalamnya memilih dan memilah serta memanfaatkan teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana media digunakan dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar Fiqh Muamalah pada santri Baitul Qur’an, kendala apa saja yang di hadapi oleh para asatidz dalam melaksanakan pembelajaran dan apa saja keuntungan yang didapatkan dalam penggunaannya serta memaparkan kontribusi penelitian ini dalam pengembangan pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian, perolehan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi pembelajaran melalui aplikasi Canva dan Kahoot sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar santri terbukti dengan keaktifan dan ketertarikan santri dalam mengikuti pembelajaran Fiqh Muamalah. Adapun kendala yang di hadapi oleh para asatidz dalam melaksanakan pembelajaran ini adalah perlunya waktu yang panjang dan membutuhkan jaringan internet dalam mempersiapkan media. Sedangkan keuntungan dalam penggunaannya adalah pembelajaran materi Fiqh Muamalah menjadi lebih aktif, efektif, kreatif dan inovatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, R. (2021). METODOLOGI PENELITIAN. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Adam, A. (2023). INTEGRASI MEDIA DAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Amanah Ilmu, 3, 13–23.

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 300. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2475

Deliana, A., Romalinca, R., Omerlin, O., Krisbet, K., & Meldawati, M. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Canva sebagai Media Pembelajaran Luring. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(2), 298–303. https://doi.org/10.57251/multiverse.v2i2.1258

Dwanda Putra, L., Zhinta, S., & Pratama, A. (2023). PEMANFATAN MEDIA DAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENGATASI MASALAH PEMBELAJARAN. Journal Transformation of Mandalika, 4(8). http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/issue/archive

Hanifah Salsabila, U., & Agustian, N. (2021). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 02, 15. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda,

Mansir, F., & Purnomo, H. (2020). URGENSI PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA MADRASAH. Al Wijdan: Journal of Islamic Education Studies, 167–179. http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI KOHOD III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Ramli, M. (2012). MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. IAIN Antasari Press.

Restu Kurnia, I., & Titin Sunaryati. (2023). Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1357–1363. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5579

Sadiman. (2018). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT.Raja Grafindo.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta. CV. Alfabeta.

Suryanto, L., & Khoir, M. A. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQH MUAMALAH DALAM PENGUATAN NILAI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI PONDOK PESANTREN AL ISLAM DARUL FATH SRAGEN. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 497–505. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i1.56

Widati, A. A., Khairunnisa, F., Sakti, S. C. W., Supriyanto, G., Fahmi, M. Z., Siswanto, I., Hartati, H., & Rohman, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran untuk Guru SMA-SMP Muhammadiyah Gresik. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 679. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i2.6873

Published
2023-12-30
How to Cite
Rochman, A. (2023). PEMANFAATAN CANVA DAN KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQH MUAMALAH SANTRI BAITUL QUR’AN SLOGOHIMO. Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 4(2), 276-286. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v4i2.196

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.