Peranan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Persuasif Untuk Mempengaruhi Perilaku Positif Anak Usia Dini Di Kota Surakarta
Abstract
Children's songs are usually cheerful and reflect noble ethics, poetry contains things that are usually done by children. Singing a child's song is a way that can be used as a medium for delivering messages or character education in the daily lives of young children (1-6 years). His intelligence is developing rapidly, which is usually called the "Golden Age".
Can be used to stimulate aspects of development, especially their character and emotions. Can be used as a medium of education and delivery of messages. The most important thing can affect positive behavior if you often listen to it.
So, children's songs are the right media to train and develop imagination and improve mood suddenly, will bring new worlds or new experiences, develop or sharpen their minds either cognitive or their emotions
Downloads
References
Akbar, Reni & Hawadi. 2001. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Beck, J. 2000. Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Delapratasa Publishing.
Haricahyono, C. 1995. Dimensi-Dimensi Pendidikan Moral. Semarang: IKIP Press.
Coles, R. 2000. Menumbuhkan Kecerdasan Moral pada Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dardjowidjojo, S. 2000. Echa: Kisah pemerolehan Bahasa anak Indonesia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak dan Raudhatul Athfal. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Kurikulum 2004. Standar Kompetensi Pedoman Pembelajaran di TK. Jakarta : Dirjen Diknasmen.
Tarigan, T. 1998. Berbicara. Bandung: Angkasa.
Farida, U. Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
http://www.kajianteori.com/2013/03/pengertian-
http://www.parenting.co.id/usia-sekolah/manfaat+dari+lagu+anak-anak
http://www.galeriananda.com/page/41/Manfaat-Lagu-Anak-Anak
Hafi, I. Y. 2000. Reproduktif Siswa dalam Keterampilan Berbahasa. Yogyakarta: IKIP.
Jurjis, M. 2004. Gejolak Emosi Anak. Bandung: Hikmah.
Kemendiknas. 2010. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Bahasa di TK. Jakarta: Dirjen Diknasmen Kemendiknas.
Leonhard, M. 2000. 99 Cara Menjadikan Anak Anda Keranjingan Membaca. Bandung. Kaifa.
Moeslichatoen, R. 1999. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Mukhamad Murdiono, Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini, Jurnal Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Nurlaila, I. 2010. Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta : Pinus Book Publisher.
Nursito. 2000. Iktiar Kesusastraan Indonesia. Yogyakarta : Adi Cita Karya Nusa,
Koyan, I. W. 2000. Pendidikan Moral Pendekatan Lintas Budaya. Jakarta: Depdiknas.
Hidayat, O. S. 2000. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ratnawati, E. Peningkatan Kemampuan Berbicara.
Suyanto, S. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
Soerjabrata, S. 1981.Psikologi Perkembangan (3rd ed.). Yogyakarta: Rake Press.
Sujanto, A. 1996. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumadi, S. 1982. Perkembangan Individu. Jakarta: Rajawali.
Tarigan, H.G. 1995. Dasar-Dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa.
Poerwadarminta, W.J.S.. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Poerwardarminta, W.J.S. 2004. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Copyright (c) 2020 LPPM STAIMAS Wonogiri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.






2.png)




