Anteseden Penerimaan Paylater di Kalangan Konsumen Muslim di Surakarta: Pendekatan UTAUT 3

  • Meilana Widyaningsih UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Nur Handayani Saputri UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Fuad Hasyim Departemen Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Paylater pada konsumen muslim di Surakarta. Kerangka teori yang digunakan adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Populasi terdiri dari individu-individu yang bertempat tinggal di Karisidenan Surakarta. Sampel penelitian berjumlah 179 responden yang dipilih menggunakan teknik quota sampling dan disebar melalui kuesioner dengan metode random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel mempunyai pengaruh positif dan signifikan baik langsung maupun tidak langsung terhadap perilaku penggunaan, kecuali variabel ekspektasi kinerja. Ekspektasi kinerja tidak menunjukkan pengaruh langsung atau tidak langsung terhadap perilaku penggunaan. Hal ini disebabkan meskipun berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh Shopee Paylater, konsumen yang tidak bijaksana secara finansial bisa saja terjebak dalam pembelian impulsif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-30
How to Cite
Widyaningsih, M., Saputri, N., & Hasyim, F. (2024). Anteseden Penerimaan Paylater di Kalangan Konsumen Muslim di Surakarta: Pendekatan UTAUT 3. Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(1), 1-22. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v5i1.237

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.