Analisis Dampak Transportasi Ojek Online Terhadap Pangkalan Ojek Konvensional Di Terminal Lama Wonogiri
Abstract
Transportasi adalah sesuatu hal yang sangatlah penting pada saat ini. Standar baku kehidupan manusia adalah bertambahnya keinginan untuk mewujudkan layanan transportasi yang lebih tinggi. Beberapa orang menjadikan transport sebagai alat untuk dapat menghasilkan pemasukan. Jasa layanan transportasi di Indonesia pada umumnya dan di Wonogiri pada khususnya memiliki pemecahan bentuk. Salah satu bentuk layanan transportasi adalah menggunakan kendaraan roda dua, yang dikenal dengan sebutan ojek. Popularitas dari ojek semakin meningkat dengan adanya ojek online di Indonesia. Namun hal itu memunculkan dampak dalam perekonomian khususnya keberadaan ojek konvensional (pangkalan). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak ojek online terhadap ojek konvensional di Pangkalan Ojek Terminal Lama Wonogiri.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ojek online memberikan dampak terhadap berkurangnya pendapatan di pangkalan ojek konvensional. Ojek konvensional Terminal Lama Wonogiri tidak siap untuk bersaing dengan ojek online khususnya dalam mengikuti keinginan pelanggan maupun memberikan kepuasan Pelanggan. Tetapi semangat para anggota pangkalan ojek konvensional yang tidak berkurang setelah keberadaan ojek online.
Saran agar anggota pangkalan ojek konvensioanal Terminal Lama Wonogiri lebih tanggap dan aktif dalam menggali keinginan pelanggan, lebih komunikatif dengan pelanggan, atau membuat kotak saran & kritik yang ditaruh di pangkalan. Selain itu, diperlukan untuk membuat suatu standar dalam mengoperasikan ojek dalam memberikan pelayanan jasa kepada pelanggan.
Downloads
References
Abbas, S. 2004. Manajemen Transportasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Alma, B. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan keenam. Bandung:Alfabeta.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Berapa Jumlah Pengemudi Ojek Online di Indonesia? (2019, 13 November). Diakses dari https://bisnis.rakyatku.com/read/1271465/-berapa-jumlah-pengemudi-ojek-online-di-indonesia.
Bungin, B. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Guba, E.G. & Lincoln, Y.S. 1981. Effektif Evaluation. Improving The Usefulness Of Evaluations Result Through Responsive And Naturalistic Approaches. Jassey-Bass Inc. Publisher
http://wartaekonomi.co.id/read/2015/09/18/73020/pemerintah-diminta-buat-aturan-tentang-ojek online.html
http://www.tribunnews.com/amp/otomotif/2014/04/15/jumlah/kendaraan/Indonesia.
Pontoh, I. R. 2018. Analisis Perilaku Ojek Konvensional Terhadap Keberadaan Ojek Online Di Bandar Lampung (Studi Kepada Driver Ojek Konvensional Dan Ojek Online Di Bandar Lampung). Fakultas ilmu sosial dan politik universitas lampung.
Riswanda, A. 2019. Dampak keberadaan transportasi online terhadap pendapatan transportasi konvensional (studi kasus penarik becak di Banda Aceh). Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Said, N. H. 2020, 24 Januari. Penasaran Jumlah Total Kendaraan Bermotor di Indonesia? Ini Datanya. Diakses dari http://bisnis.rakyatku.com/read/177316/2020/01/24-penasaran-jumlah-total-kendaraan-bermotor-di-indonesia?-ini-datanya.
Silalahi, U. 2010. Social Research Methods. Bandung: Refika Aditama.
Tjiptono, F & Chandra, G. 2011. Service,Quality& Satisfaction. Yogyakarta: ANDI.
Yamit,Zulian. 2005. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Edisi pertama, cetakan keempat. Yogyakarta : Ekonisia
Zwell Michale. 2000. Creating a Culture of Competence. John Willy
Copyright (c) 2020 LPPM STAIMAS Wonogiri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.






2.png)




