Analisis Dampak Transportasi Ojek Online Terhadap Pangkalan Ojek Konvensional Di Terminal Lama Wonogiri

  • Indra Setiawan Program Studi Ekonomi Syariah STAIMAS Wonogiri
Keywords: Ojek Konvensional, Jasa Layanan, Transportasi

Abstract

Transportasi adalah sesuatu hal yang sangatlah penting pada saat ini. Standar baku kehidupan manusia adalah bertambahnya keinginan untuk mewujudkan layanan transportasi yang lebih tinggi. Beberapa orang menjadikan transport sebagai alat untuk dapat menghasilkan pemasukan. Jasa layanan transportasi di Indonesia pada umumnya dan di Wonogiri pada khususnya memiliki pemecahan bentuk. Salah satu bentuk layanan transportasi adalah menggunakan kendaraan roda dua, yang dikenal dengan sebutan ojek. Popularitas dari ojek semakin meningkat dengan adanya ojek online di Indonesia. Namun hal itu memunculkan dampak dalam perekonomian khususnya keberadaan ojek konvensional (pangkalan). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak ojek online terhadap ojek konvensional di Pangkalan Ojek Terminal Lama Wonogiri.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ojek online memberikan dampak terhadap berkurangnya pendapatan di pangkalan ojek konvensional. Ojek konvensional Terminal Lama Wonogiri tidak siap untuk bersaing dengan ojek online khususnya dalam mengikuti keinginan pelanggan maupun memberikan kepuasan Pelanggan. Tetapi semangat para anggota pangkalan ojek konvensional yang tidak berkurang setelah keberadaan ojek online.

Saran agar anggota pangkalan ojek konvensioanal Terminal Lama Wonogiri lebih tanggap dan aktif dalam menggali keinginan pelanggan, lebih komunikatif dengan pelanggan, atau membuat kotak saran & kritik yang ditaruh di pangkalan. Selain itu, diperlukan untuk membuat suatu standar dalam mengoperasikan ojek dalam memberikan pelayanan jasa kepada pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, S. 2004. Manajemen Transportasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Alma, B. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan keenam. Bandung:Alfabeta.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Berapa Jumlah Pengemudi Ojek Online di Indonesia? (2019, 13 November). Diakses dari https://bisnis.rakyatku.com/read/1271465/-berapa-jumlah-pengemudi-ojek-online-di-indonesia.

Bungin, B. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Guba, E.G. & Lincoln, Y.S. 1981. Effektif Evaluation. Improving The Usefulness Of Evaluations Result Through Responsive And Naturalistic Approaches. Jassey-Bass Inc. Publisher

http://wartaekonomi.co.id/read/2015/09/18/73020/pemerintah-diminta-buat-aturan-tentang-ojek online.html

http://www.tribunnews.com/amp/otomotif/2014/04/15/jumlah/kendaraan/Indonesia.

Pontoh, I. R. 2018. Analisis Perilaku Ojek Konvensional Terhadap Keberadaan Ojek Online Di Bandar Lampung (Studi Kepada Driver Ojek Konvensional Dan Ojek Online Di Bandar Lampung). Fakultas ilmu sosial dan politik universitas lampung.

Riswanda, A. 2019. Dampak keberadaan transportasi online terhadap pendapatan transportasi konvensional (studi kasus penarik becak di Banda Aceh). Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Said, N. H. 2020, 24 Januari. Penasaran Jumlah Total Kendaraan Bermotor di Indonesia? Ini Datanya. Diakses dari http://bisnis.rakyatku.com/read/177316/2020/01/24-penasaran-jumlah-total-kendaraan-bermotor-di-indonesia?-ini-datanya.

Silalahi, U. 2010. Social Research Methods. Bandung: Refika Aditama.

Tjiptono, F & Chandra, G. 2011. Service,Quality& Satisfaction. Yogyakarta: ANDI.

Yamit,Zulian. 2005. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Edisi pertama, cetakan keempat. Yogyakarta : Ekonisia

Zwell Michale. 2000. Creating a Culture of Competence. John Willy

Published
2020-06-30
How to Cite
Setiawan, I. (2020). Analisis Dampak Transportasi Ojek Online Terhadap Pangkalan Ojek Konvensional Di Terminal Lama Wonogiri. Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 1(1), 131-142. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v1i1.18

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.